Memahami Pentingnya Rencana Pemasaran (Marketing Plan)

Respons: 0 komentar
Perusahaan-perusahaan yang sukses dalam pemasaran selalu dimulai dengan rencana pemasaran. Perusahaan-perusahaan besar memiliki rencana pemasaran hingga ratusan halaman; sedangkan perusahaan kecil dapat bertahan dengan hanya setengah lusin lembaran. Masukkan rencana pemasaran Anda dalam tiga-ring binder. lakukan review paling tidak tiga bulanan, tetapi lebih baik lagi bila dilakukan bulanan. Buat  tab untuk menandai dalam laporan bulanan penjualan / manufaktur, hal ini memungkinkan  untuk melacak kinerja realisasi dari rencana pemasaran yang telah anda buat.


Rencana pemasaran harus mencakup setidaknya periode satu tahun. Untuk perusahaan kecil, ini adalah cara terbaik untuk memikirkan aspek pemasaran secara lengkap. karena banyak hal-hal yang berubah yang harus diantisipasi dengan rencana pemasaran; karyawan datang dan pergi, pasar tidak menentu, pelanggan datang dan pergi. Disarankan untuk membuat juga beberapa bagian dari rencana pemasaran anda yang membahas masa depan perusahaan dalam jangka menengah - dua sampai empat tahun. Namun sebagian besar rencana Anda harus fokus pada satu tahun mendatang.


Anda harus memberikan waktu yang cukup untuk menulis rencana pemasaran tersebut, bahkan jika itu hanya beberapa halaman. Mengembangkan rencana pemasaran adalah aspek pemasaran yang paling berat. Sementara melaksanakan rencana pemasaran memiliki tantangan tersendiri, memutuskan apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya adalah tantangan pemasaran terbesar. Kebanyakan rencana pemasaran mulai direalisasikan pada tahun pertama usaha.


Siapa yang harus melihat dan memahami rencana pemasaran Anda? Semua pemain dalam perusahaan. tetapi banyak juga Perusahaan yang membuat rencana pemasaran menjadi sangat sangat rahasia/tertutup untuk satu dari dua alasan yang sangat berbeda: Entah karena mereka terlalu minim dan manajemen akan menjadi malu untuk membukanya kepada publik atau rencana pemasaran itu terlalu kompleks dan sarat dengan informasi penting. . . yang akan membuat rencana  pemasaran itu menjadi sangat berharga dalam persaingan usaha.



 Anda tidak dapat melakukan rencana pemasaran tanpa banyak orang yang terlibat. Tidak peduli apa ukuran perusahaan anda, dapatkan umpan balik dari semua bagian dari perusahaan Anda: keuangan, manufaktur, personil, suplai dan seterusnya - selain pemasaran itu sendiri. Hal ini sangat penting karena  rencana pemasaran melibatkan semua aspek yang ada dalam perusahaan. Personil kunci dari perusahaan Anda dapat memberikan masukan yang realistis pada apa yang dapat dicapai dan bagaimana tujuan perusahaan dapat tercapai, dan mereka bisa berbagi wawasan mereka terhadap apapun, peluang pemasaran yang potensial yang belum banyak direalisasi, akan menambahkan dimensi lain dalam rencana pemasaran anda. 
 
Apa hubungan antara rencana pemasaran dan rencana bisnis Anda ? Rencana bisnis Anda menjelaskan  tentang - apa yang Anda lakukan dan tidak lakukan, dan apa tujuan akhir Anda. Ini meliputi lebih dari pemasaran, melainkan dapat mencakup diskusi lokasi, kepegawaian, pembiayaan, aliansi strategis dan sebagainya. Ini mencakup "hal visi," kata ajaib yang menguraikan tujuan utama perusahaan Anda.  Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang di luar rencana bisnis, sebaiknya anda mengubah pemikiran anda atau rubah total semua rencana bisnis anda. rencana bisnis perusahaan Anda memberikan tempat di mana rencana pemasaran Anda harus berkembang. Kedua dokumen perencanaan ini harus konsisten dan bersinergi.

Tidak ada komentar:

Baca Juga

  • Beda Orang Kaya dan Orang Miskin
    Banyak orang yang ingin kaya (termasuk saya dan anda) tetapi tak banyak yang tahu caranya. banyak yang…
  •  10 Langkah Membangun Bisnis Restoran Hingga Terkenal
    Restoran adalah salah satu jenis bisnis yang paling populer di dunia. Bisnis restoran menawarkan peluang…
  • Bill Gates
    William Henry Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955; umur 54 tahun), lebih dikenal sebagai…
  •  Panduan Membuat Anggaran dalam Manajemen Keuangan Perusahaan
     Panduan Membuat Anggaran  Membuat anggaran yang efektif merupakan elemen kunci dalam manajemen…
  • Mencari Uang di Internet Yuk
    hari gene ga ikutan bisnis online ? selain kerja di dunia nyata, kita juga kudu cari uang di internet.…

Copyright © 2025 Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog