Jangan Mengejar Uang

Respons: 0 komentar
"do not chase the money. chase your product to be the best at its niche. then the money will follow"

seringkali seorang pelaku wirausaha pemula melakukan kesalahan yang sama, yaitu mengejar keuntungan. tidak ada yang salah, karena sebuah usaha didirikan memang untuk mengejar keuntungan. tetapi, yang terjadi kebanyakan adalah mereka selalu menghitung untung-rugi pada awal-awal usaha. yang seharusnya mereka lakukan pada awal-awal usaha adalah mengembangkan produk yang unggul dan mencari customer sebanyak-banyaknya.

karena terlalu sibuknya menghitung untung-rugi pada awal-awal wirausaha, pelaku wirausaha banyak yang lupa untuk selalu meningkatkan mutu produknya. padahal dengan produk yang bermutu tinggi akan menjadi  buruan banyak customer untuk membelinya. dan uang otomatis masuk dengan sendirinya tanpa harus dikejar lagi.

contohnya adalah pengalaman saya sendiri, ketika saya membuka wirausaha kuliner. saat awal wirausaha, saya selalu menghitung apakah untung atau rugi. saya bahkan tidak berusaha untuk meningkatkan kualitas makanan, malah yang terjadi sebaliknya. karena ingin mendapat untung lebih besar lagi, beberapa bahan bumbu saya kurangi. dan hasilnya bisa ditebak, secara matematika untungnya memang lebih besar. tetapi customer makin lama makin berkurang. hingga pada suatu hari tidak ada satu orang pun yang membeli.

sadar dengan kesalahan ini, saya rubah strateginya. makanan saya bikin enak, tidak peduli berapa untung yang saya dapat selama masih ada untung walau sedikit. saya rubah namanya dan saya fokus pada satu makanan unggulan. dan hasilnya, alhamdulilah. pelanggan semakin lama semakin banyak. dan sekarang dalam tahap pembukaan cabang-cabang baru.

dan hal ini berlaku untuk semua bisnis, tidak hanya bisnis kuliner. ambillah dan fokus pada satu bidang yang lebih spesifik dimana anda bisa menjadi yang terbaik.dan customer akan datang mencari anda, dan uang pun mengalir dengan sendirinya.

Berani Mencoba, Berani Gagal, Berani Sukses

Tidak ada komentar:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog