Bisnis Jasa Perbaikan

Respons: 0 komentar
Bisnis ini lebih ditujukan kepada orang-orang yang memiliki pendidikan atau pengalaman dibidang teknik. Sebutlah jasa perbaikan motor, mobil, elektronik, AC, kulkas, mesin cuci, computer dan lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan modal banyak, bahkan untuk memulainya anda tidak perlu toko atau kantor terlebih dahulu. Cukup bermodalkan kartu nama dan brosur, selain tentunya peralatan utama dan perlengkapan perbaikan.
bisnis jasa perbaikan

Kunci utama keberhasilan bisnis jasa perbaikan adalah kemampuan untuk mempertahankan pelanggan yang ada dengan modal kepercayaan. Karena bisnis jasa adalah bisnis yang lebih bersifat  personal.  Biasanya orang mencari jasa perbaikan dengan pertimbangan kepercayaan kepada orang yang sudah dikenal. Ketika seseorang baru pertama kali mendatangi tempat jasa perbaikan, dia sebenarnya juga mencari tempat yang dia merasa nyaman untuk menyerahkan barangnya untuk diperbaiki. Jika kesan pertama dari jasa yang dia dapatkan adalah bagus, maka ia akan datang kembali. Dan yang tidak kalah penting adalah tariff jasa. Patoklah tariff sesuai dengan harga pasaran walau kita merasa bahwa pengalaman teknis kita banyak dan kemampuan memperbaiki diatas rata-rata. Karena yang terpenting dalam bisnis jasa adalah repeat order alias penjualan ulang. Hendaknya kita lebih mengutamakan kepentingan bisnis jangka panjang. Daripada mengambil untung banyak tapi hanya satu kali penjualan karena tidak ada pelanggan lama yang datang kembali.

Pengalaman saya pribadi, ketika televisi rusak, saya panggil teknisi elektronik yang masih tetangga saya. Orangnya ramah dan terlihat berpengalaman dalam pekerjaannya, tetapi yang membuat saya kecewa adalah harga tariff nya yang terlalu tinggi dibandingkan teknisi lain. Padahal tadinya malah saya berharap tariffnya lebih murah dari teknisi lainnya dengan pertimbangan masih tetangga dekat. Ketika TV orang tua saya juga rusak, maka saya tidak mau merekomendasikan tetangga saya itu. Dan akhir dari bisnis jasa perbaikan elektronik tetangga saya itu bisa ditebak, BANGKRUT, tidak ada lagi orang yang mau memakai jasanya.
Jika saja dia mau mematok tariff yang wajar, mungkin saya akan memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk memakai jasa beliau dalam memperbaiki barang elektronik yang rusak.

Tidak ada komentar:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog