Bisnis ini lebih ditujukan kepada orang-orang yang memiliki
pendidikan atau pengalaman dibidang teknik. Sebutlah jasa perbaikan motor,
mobil, elektronik, AC, kulkas, mesin cuci, computer dan lainnya. Bisnis ini
tidak membutuhkan modal banyak, bahkan untuk memulainya anda tidak perlu toko atau
kantor terlebih dahulu. Cukup bermodalkan kartu nama dan brosur, selain
tentunya peralatan utama dan perlengkapan perbaikan.
Kunci utama keberhasilan bisnis jasa perbaikan adalah
kemampuan untuk mempertahankan pelanggan yang ada dengan modal kepercayaan. Karena
bisnis jasa adalah bisnis yang lebih bersifat
personal. Biasanya orang mencari
jasa perbaikan dengan pertimbangan kepercayaan kepada orang yang sudah dikenal.
Ketika seseorang baru pertama kali mendatangi tempat jasa perbaikan, dia
sebenarnya juga mencari tempat yang dia merasa nyaman untuk menyerahkan
barangnya untuk diperbaiki. Jika kesan pertama dari jasa yang dia dapatkan
adalah bagus, maka ia akan datang kembali. Dan yang tidak kalah penting adalah
tariff jasa. Patoklah tariff sesuai dengan harga pasaran walau kita merasa
bahwa pengalaman teknis kita banyak dan kemampuan memperbaiki diatas rata-rata.
Karena yang terpenting dalam bisnis jasa adalah repeat order alias penjualan
ulang. Hendaknya kita lebih mengutamakan kepentingan bisnis jangka panjang. Daripada
mengambil untung banyak tapi hanya satu kali penjualan karena tidak ada
pelanggan lama yang datang kembali.
Pengalaman saya pribadi, ketika televisi rusak, saya panggil
teknisi elektronik yang masih tetangga saya. Orangnya ramah dan terlihat
berpengalaman dalam pekerjaannya, tetapi yang membuat saya kecewa adalah harga
tariff nya yang terlalu tinggi dibandingkan teknisi lain. Padahal tadinya malah
saya berharap tariffnya lebih murah dari teknisi lainnya dengan pertimbangan
masih tetangga dekat. Ketika TV orang tua saya juga rusak, maka saya tidak mau
merekomendasikan tetangga saya itu. Dan akhir dari bisnis jasa perbaikan
elektronik tetangga saya itu bisa ditebak, BANGKRUT, tidak ada lagi orang yang
mau memakai jasanya.
Jika saja dia mau mematok tariff yang wajar,
mungkin saya akan memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk memakai jasa beliau dalam
memperbaiki barang elektronik yang rusak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar