Peluang Usaha Cleaning Service Rumahan

Respons: 0 komentar

Brosur cleaning service rumahan
Jasa kebersihan atau sering disebut cleaning service merupakan jasa yang banyak dibutuhkan oleh
institusi korporat. biasanya cleaning service yang kita tahu adalah jasa kebersihan yang ada di setiap gedung-gedung. gedung atau kantor-kantor perusahaan.

Ternyata ada peluang usaha cleaning service yang mentargetkan pasarnya adalah konsumen perumahan atau personal. Dilihat dari pangsa pasar yang demikian besar sedangkan pemain cleaning service rumahan yang masih sedikit, setidaknya membuat peluang usaha ini sangat prospektif. Di negara-negara eropa dan amerika, jasa cleaning service rumahan sudah lazim ada dan banyak pemainnya. Sedangkan di Indonesia, anda berkesempatan mengibarkan bendera cleaning service anda sendiri yang belum banyak pemain yang menggarap sektor perumahan ini.

Jasa yang ditawarkan bisa berupa paket kebersihan lengkap, dimana rumah konsumen dibersihkan secara total termasuk semua furnish. atau juga jasanya bisa per item, misalnya khusus membersihkan gudang, khusus membersihkan karpet, khusus membersihkan kristal lampu, dan seterusnya.

Tarif harga cleaning service bisa anda tentukan sendiri dengan menghitung cost per meter persegi. misalnya; rumah luas 150 meter persegi, dengan furnish yang banyak, tariff Rp. 10.000,-/meter2 x 150m = Rp. 1,5 juta. tetapi lain halnya jika rumah tersebut furnishnya sedikit, tariff bisa lebih murah semisal Rp. 7.000,-/meter2.

Berapapun harga yang anda tetapkan sebaiknya melihat harga dari kompetitor, sehingga harga yang anda tawarkan masih kompetitif dan tidak kemahalan.

Peralatan cleaning yang dipakai sama dengan peralatan perusahaan jasa kebersihan lainnya, cuma bedanya anda tidak perlu membeli mesin poles lantai yang harganya masih lumayan mahal. Cukup peralatan standar biasa seperti, lap, pel, kanebo, wiper kaca, peralatan lain yang dibutuhkan dan bahan kimia / cleaning chemicals.

Pekerja cleaning service bisa anda dapatkan dengan dua cara, rekrut tenaga berpengalaman dan atau rekrut yang masih fresh graduate. Pekerja yang sudah pengalaman bisa anda angkat sebagai supervisor lapangan. dan sistem penggajian berdasarkan pengalaman kerja dan lama bekerja.

Cara pemasaran cleaning service rumahan bisa dengan cara menyebarkan brosur ke perumahan-perumahan kelas atas. membuat iklan online dan/atau iklan di media cetak koran nasional.

Tidak ada komentar:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog