Disadari atau tidak, warna memainkan peran penting dan
sangat besar dalam pengambilan keputusan saat membeli barang. Penelitian yang
dilakukan oleh Institute for Color Research di Amerika menemukan bahwa
seseorang dapat mengambil keputusan terhadap orang lain, lingkungan maupun
produk dalam waktu hanya 90 detik saja. Dan keputusan tersebut 90% nya didasari
oleh warna. Dan warna juga meningkatkan brand recognition hingga 80%.
Karena itu memilih warna yang tepat merupakan proses yang sangat
penting dalam mendesain kemasan produk atau pun logo perusahaan.
Berikut adalah makna warna sebagai pertimbangan desain
kemasan dan logo :
2.
Hitam,
memiliki makna ; klasik, ketakutan, depresi, kemarahan, kematian, kekuatan,
modern, gaya, serius, kesatuan, duka cita, professional, misteri, kecerdasan,
keduniawian, formal, elegan.
3.
Abu-abu,
memiliki makna ; dapat diandalkan, stabil, kehalusan, bijaksana, bosan, masa
lalu, rasa hormat, seimbang, urban, emosi yang kuat.
4.
Merah, memiliki makna ; perayaan, kekayaan,
nasib baik (Cina), suci, tulus, gairah, kuat, energy, api, cinta, gembira,
panas, ambisi, pemimpin, maskulin, darah, perang, marah, revolusi, radikal,
agresi, martir.
5.
Biru, memiliki makna ; laut, manusia,
produktif, isi dalam, langit, damai, kesatuan, harmoni, tenang, percaya,
teknologi, kerajaan, bangsawan, bumi, kuat.
6.
Hijau, memiliki makna ; kecerdasan tinggi,
alam, kesuburan, masa muda, lingkungan hidup, uang (amerika), nasib baik, giat,
pertumbuhan, pembaruan, kesehatan, islam.
7.
Kuning, memiliki makna ; sinar
matahari, gembira, bahagia, optimis, cerdas, idealism, kaya, harapan, udara,
tidak jujur, serakah, persahabatan.
8.
Ungu, memiliki makna ; sensual, spiritual, pencerahan,
misteri, berlebihan, harga diri, kebingungan, biseksual, romantic, kehalusan, flamboyant.
9.
Jingga,
memiliki makna ; hinduisme, budhisme, energy, keseimbangan, peringatan, bahaya,
kesenangan, menonjol, emosi berlebih.
10.
Cokelat,
memiliki makna ; tenang, berani, kedalaman, mahluk hidup, alam, kesuburan,
tradisi, ketidaktepatan, tanah, miskin, membumi, selera makan, simple, tabah,
ketergantungan.
11.
Pink, memiliki makna ; rasa syukur,
penghargaan, kagum, simpati, feminin, cinta, roman, perkawinan, suka cita,
innocence, kekanakan, kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar