Makna Warna Untuk Kemasan Produk dan Logo

Respons: 0 komentar


Makna Warna Untuk Kemasan Produk dan Logo

Disadari atau tidak, warna memainkan peran penting dan sangat besar dalam pengambilan keputusan saat membeli barang. Penelitian yang dilakukan oleh Institute for Color Research di Amerika menemukan bahwa seseorang dapat mengambil keputusan terhadap orang lain, lingkungan maupun produk dalam waktu hanya 90 detik saja. Dan keputusan tersebut 90% nya didasari oleh warna. Dan warna juga meningkatkan brand recognition hingga 80%. 

Karena itu memilih warna yang tepat merupakan proses yang sangat penting dalam mendesain kemasan produk atau pun logo perusahaan.

Berikut adalah makna warna sebagai pertimbangan desain kemasan dan logo :

  Putih, memiliki makna ; rendah hati, suci, netral, bersih, cahaya, damai, simple, aman, dingin, harapan, lemah lembut, udara, kehidupan, pernikahan.

2.       Hitam, memiliki makna ; klasik, ketakutan, depresi, kemarahan, kematian, kekuatan, modern, gaya, serius, kesatuan, duka cita, professional, misteri, kecerdasan, keduniawian, formal, elegan.
3.       Abu-abu, memiliki makna ; dapat diandalkan, stabil, kehalusan, bijaksana, bosan, masa lalu, rasa hormat, seimbang, urban, emosi yang kuat.
4.       Merah, memiliki makna ; perayaan, kekayaan, nasib baik (Cina), suci, tulus, gairah, kuat, energy, api, cinta, gembira, panas, ambisi, pemimpin, maskulin, darah, perang, marah, revolusi, radikal, agresi, martir.
5.       Biru, memiliki makna ; laut, manusia, produktif, isi dalam, langit, damai, kesatuan, harmoni, tenang, percaya, teknologi, kerajaan, bangsawan, bumi, kuat.
6.       Hijau, memiliki makna ; kecerdasan tinggi, alam, kesuburan, masa muda, lingkungan hidup, uang (amerika), nasib baik, giat, pertumbuhan, pembaruan, kesehatan, islam.
7.       Kuning, memiliki makna ; sinar matahari, gembira, bahagia, optimis, cerdas, idealism, kaya, harapan, udara, tidak jujur, serakah, persahabatan.
8.       Ungu, memiliki makna ; sensual, spiritual, pencerahan, misteri, berlebihan, harga diri, kebingungan, biseksual, romantic, kehalusan, flamboyant.
9.       Jingga, memiliki makna ; hinduisme, budhisme, energy, keseimbangan, peringatan, bahaya, kesenangan, menonjol, emosi berlebih.
10.   Cokelat, memiliki makna ; tenang, berani, kedalaman, mahluk hidup, alam, kesuburan, tradisi, ketidaktepatan, tanah, miskin, membumi, selera makan, simple, tabah, ketergantungan.
11.   Pink, memiliki makna ; rasa syukur, penghargaan, kagum, simpati, feminin, cinta, roman, perkawinan, suka cita, innocence, kekanakan, kesehatan.

Tidak ada komentar:

Baca Juga

Copyright © Wirausaha untuk Mandiri

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog